ALLAH TUHANKU MUHAMMAD NABIKU AL QURAN KITABKU

Bagi Yang mudik siapkan segala sesuatunya

Merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman dengan berkumpul bersama sanak saudara merupakan salah satu tradisi umat muslim di Indonesia. Banyak cara yang mereka lakukan untuk pulang ke kampung halamannya. Ada yang menggunakan pesawat, kapal laut, kereta api, mobil rental, mobil pribadi sampai kendaraan sepeda motor.

Namun tak jarang mereka yang akan melakukan perjalanan jauh tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan cermat. Padahal hal ini sangatlah penting untuk kelancaran selama perjalanan menuju kampung halaman.

Nah, mungkin ada baiknya kita simak beberapa poin di bawah ini agar perjalanan mudik nanti lancar, check this out!

1. Daftar Barang Bawaan

Beberapa hari sebelum keberangkatan, buatlah daftar barang yang akan Anda bawa. Lakukanlah sebelum Anda packing agar mencegah kemungkinan lupa barang yang akan dibawa. Buatlah daftar barang bawaan yang paling penting, penting, kurang penting hingga tidak penting. Semakin efektif barang bawaan Anda, semakin nyaman perjalanan Anda menuju kampung halaman.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan, sangat disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan Anda di bengkel resmi sebelum anda melakukan perjalanan. Karena kendaraan yang Anda kendarai adalah tulang punggung perjalanan Anda.

3. Cek Perlengkapan Kendaraan

Pastikan seluruh perlengkapan kendaraan sudah terdapat di dalam kendaraan Anda. Jangan sampai dalam keadaan darurat Anda tidak dapat menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, kotak P3K dan lain-lain. Karena hal ini akan menghambat perjalanan Anda.

4. Bawalah Spare Part Cadangan

Terkadang poin ini diabaikan oleh para pemudik. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan. Pastikan busi, tali rem, tali kopling, ban, dan sparepart cadangan lainnya tersedia di dalam kendaraan yang kita tumpangi.

5. Hiburan

Perjalanan dengan jarak yang jauh tentu saja akan membuat kita bosan. Hiburan adalah salah satu solusinya. Bawalah koleksi CD, MP3, atau buku bacaan secukupnya yang sekiranya dapat mengusir kejenuhan anda selama perjalanan.

6. Layanan Gratis Otomotif

Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di mana posko-posko itu berada agar perjalanan anda tidak terganggu.

7. Baterai dan Pulsa

Tak bisa dipungkiri, telepon seluler saat ini tidak dapat dipisahkan dari tangan kita. Berbagai manfaat pendukung mudik juga dapat kita dapatkan melalui telepon seluler. Oleh karena itu, pastikan baterai dan pulsa anda dalam kondisi penuh. Jika perlu bawalah baterai cadangan jika pada perjalanan kita kesulitan menemukan sumber listrik untuk mengisi ulang daya baterai telepon seluler.

8. Kondisi Tubuh

Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.

Selamat mudik, hormatilah para pengendara dan pemudik lainnya. Dengan saling menghormati tentu saja menambah kenyamanan mudik. Dan yang terpenting jangan lupa selalu berdoa untuk keselamatan selama perjalanan. Selamat Lebaran! (IN)



0 komentar:

Post a Comment

Dilarang spam saat komentar yaa..

Bagi Yang mudik siapkan segala sesuatunya