Ketika kita sudah terbiasa menjalanka n puasa pada hari-hari sebelum jatuhnya tanggal 30
Sya'ban
قال الشافعية: يحرم صوم النصف الأخير من شعبان الذي منه يوم الشك، إلا لوِرْد
بأن اعتاد صوم الدهر أو صوم يوم وفطر يوم أو صوم يوم معين كالاثنين فصادف ما بعد
النصف، أو نذر مستقر في ذمته، أو قضاء لنفل أو فرض، أو كفارة،
Kalangan Syafiiyyah
berpendapa t : Haram puasa
diseparuh akhir dari bulan sya'ban yang didalamnya terdapat hari syak (tanggal 30 sya'ban) kecuali
bagi orang yang membiasaka n diri
berpuasa seperti biasa menjalani puasa DAHR (puasa sepanjang tahun kecuali pada
dua hari hara dan hari-hari tasyriq/ tanggal 11, 12,13 dzul hijjah), puasa DAUD, puasa
dihari-har i tertentu seperti
senin kamis kemudian kebiasaann ya bertepatan dengan hari diseparuh akhir bulan sya'ban, atau
puasa nadzar yang dalam tanggungan nya,
puasa qadha sunat atau wajib, puasa kaffaarat,
Alfiqh al-Islaam wa adillatuh III/19
قوله وكذا بعد نصف شعبان ) أي وكذلك يحرم الصوم بعد نصف شعبان لما صح من قوله
صلى الله عليه وسلم إذا انتصف شعبان فلا تصوموا
( قوله ما لم يصله بما قبله ) أي محل الحرمة ما لم يصل صوم ما بعد النصف بما
قبله فإن وصله به ولو بيوم النصف بأن صام خامس عشره وتالييه واستمر إلى آخر الشهر
فلا حرمة
(Keteranga n ‘begitu
juga haram puasa setelah nisyfu sya’ban) berdasarka n hadits “Bila bulan sya’ban telah menjadi separuh,
janganlah kalian berpuasa”
Keharaman ini dengan catatan bila puasa setelah hari nisyfu sya’ban
(tanggal 16-pen) tersebut tidak disambungk an dengan puasa sebelumnya , bila disambungk an meskipun dengan berpuasa ditanggal separuh
bulan sya’ban (meskipun hanya disambungk an dengan puasa pada tanggal 15) dan kemudian
disambung dengan hari setelahnya
hingga tanggal 30 (syaum assyak) maka tidak lagi dihukum haram
I’aanah at-Thoolib iin
II/273
0 komentar:
Post a Comment
Dilarang spam saat komentar yaa..