ALLAH TUHANKU MUHAMMAD NABIKU AL QURAN KITABKU

Keutamaan Buah Kurma

Diriwayatkan dengan shahih dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwa beliau bersabda:

من تصبح بسبع تمرات (و في لفظ: من تمر العالية) لم يضره ذلك اليوم سم ولا سحر. "Barangsiapa yang mengkonsumsi tujuh butir kurma di pagi hari (dalam riwayat yang lain: tujuh butir kurma Al-Aliyyah { KURMA AJWA}), pada hari itu Ia tidak akan terganggu oleh racun ataupun sihir." Diriwayatkan juga dengan shahih bahwa Rasulullah bersabda:
"Rumah yang tidak ada kurma didalamnya, akan membikin lapar penghuninya." Diriwayatkan juga dengan shahih dari Rasulullah biasa menyantap kurma dengan keju, atau menyantapnya dengan roti, dan terkadang juga menyantapnya begitu saja. 
Sifat kurma adalah panas pada tingkatan kedua. Apakah sifatnya kering atau basah? Ada dua pendapat.

Kurma dapat menguatkan lever, melunakkan buang air besar, menambah stamina bila dicampur dengan bubuk kayu cemara, menyembuhkan radang tenggorokan. Namun bagi yg belum terbiasa mengkonsumsinya seperti para penduduk di negeri- negeri dingin, bisa menyebabkan sembelit, menyebabkan sakit gigi dan menambah sakit kepala. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi buah badam dan apium.

Kurma termasuk buah yang paling banyak mengandung gizi yang mengenyangkan dan dibutuhkan tubuh karena kandungan unsur panas dan lembab. Bila dikunyah dan ditelan, bisa pula membunuh cacing. Selain panas, buah ini juga memiliki energi tambahan. Bila kita terbiasa mengkonsumsinya dengan langsung dikunyah dan ditelan bisa mengeringkan dan melemahkan unsur cacing dalam tubuh, mengurangi bahkan memberantasnya sama sekali. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula.





0 komentar:

Post a Comment

Dilarang spam saat komentar yaa..

Keutamaan Buah Kurma